Rubicon Mario Dandy Belum Ada yang Beli, Padahal Harga Lelang Terus Diturunkan

Trending 1 week ago

TEMPO.CO, Jakarta - Kejaksaan Negeri (Kejari) Jakarta Selatan telah mengumumkan penurunan nilai dalam proses lelang mobil mewah jenis Jeep Rubicon Wrangler nan sebelumnya dimiliki Mario Dandy, terpidana penganiayaan David Ozora.

Awalnya, Rubicon tersebut ditawarkan dalam proses lelang dengan nilai tertentu, namun, dalam upaya untuk meningkatkan minat pembeli dan mempercepat proses lelang, nilai mobil tersebut diturunkan menjadi Rp 600 juta.

Kepala Kejari Jaksel Haryoko Ari Prabowo mengatakan proses pelelangan mobil Rubicon milik Mario Dandy terus berjalan. "Kita coba batas nan terbaik lah Rp 600 juta per hari ini. (Lelang) 4 Juni sampai dengan 11 Juni, kelak kita tunggu tanggal 11, kita buka di batas Rp 600 juta," kata Haryoko di Jakarta, Selasa, 4 Juni 2024.

Menurut Haryoko, mobil Rubicon milik Mario Dandy bukan tidak laku, melainkan belum ada nan berminat. Dia juga mengungkapkan bahwa Kejari mempunyai batas pemisah atas dan bawah dalam melelang mobil tersebut

"Kita ada batas batas, di penilaian itu ada batas pemisah dan batas atas. Cuma kan saya berpikir bahwa kelak hasil lelangnya kita serahkan kepada korban, tentunya jaksa sebagai penyelenggara mencarikan nilai terbaik untuk korban," ujarnya.

Hasil lelang Rubicon Mario Dandy tersebut semuanya bakal diserahkan kepada korban, David. Ozora. "Semuanya, semua, tidak kita kurangi sepeserpun selain pajak - pajak jika memang ada pajak alias pungutan resmi. Tapi hasil lelang itu kita serahkan semuanya ke korban." 

Kejari menargetkan sebelum bulan September, lelang mobil Rubicon Mario Dandy tersebut selesai dengan nilai terbaik. Haryoko menjelaskan penjualan peralatan lelang berbeda dengan nilai pasaran mobil jejak biasa. "Sehingga strateginya kita ya, kita turun. Harus memperkuat di nilai itu sampai pelan-pelan kita turunkan harga. Mudah-mudahan ada masyarakat nan berminat."

Iklan

September 2023, dari info nan tercantum, Jeep Rubicon Mario Dandy ini mempunyai besaran nilai jual Rp 318 juta. Pajak serta denda pajak mobil ini sudah Rp 0 namalain tidak tercantum lagi, serta ada status 'Nopol Sudah Dijual'.

Kemudian, untuk nilai pasaran Jeep Rubicon ini, jika dilihat di situs jual-beli mobil bekas, rata-rata Jeep Rubicon 2013 tetap dijual dengan kisaran nilai Rp 850 jutaan hingga lebih dari Rp 1 miliar. Sementara untuk nilai barunya Jeep Wrangler Rubicon berada di kisaran Rp 1,6 miliar-Rp 1,7 miliar.

Lalu pada Mei 2024, Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan kembali melelang mobil Rubicon milik terpidana perkara penganiayaan, Mario Dandy Satrio, dengan menurunkan nilai dari sebelumnya Rp809 juta menjadi Rp700 juta. "Turun jadi Rp700 juta untuk limitnya," kata Kepala Seksi (Kasi) Intel Kejari Jaksel Reza Prasetyo Handono saat dikonfirmasi di Jakarta, Senin, 13 Mei 2024.

ANANDA RIDHO SULISTYA  | CICILIA OCHA | DICKY KURNIAWAN

Pilihan Editor: Kejaksaan Kembali Turunkan Harga Mobil Rubicon Mario Dandy, Kajari Jaksel: Semuanya Diserahkan untuk Korban

More
Source