Prakiraan Cuaca BMKG: Hujan Ringan Mendominasi Kecuali di Jawa dan Nusa Tenggara, Waspadai Gelombang Tinggi dan Banjir Rob

Trending 2 weeks ago

TEMPO.CO, Jakarta - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan prakiraan cuaca untuk Kamis, 6 Juni 2024, dengan sebagian besar wilayah Indonesia dilanda hujan ringan, selain di Jawa, Bali dan Nusa Tenggara.

Daerah perlambatan kecepatan angin alias konvergensi memanjang di Aceh, di Laut Cina Selatan, di perairan barat Sumatera, di perairan selatan Jawa Tengah, di Nusa Tenggara Timur (NTT) bagian barat di Kalimantan Selatan, di utara Kalimantan, dari Laut Banda hingga Sulawesi Tengah, di Laut Sulawesi, di Maluku, di Laut Banda dan dari Papua pegunungan hingga Papua Tengah.

“Kondisi tersebut bisa meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sepanjang wilayah konvergensi tersebut,” ujar prakirawan BMKG Andika Hapsari.

Sumatera secara umum hujan ringan, namun Jambi, Bangka-Belitung, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Sumatera Utara, Aceh berpotensi hujan sedang.

Jawa secara umum cerah berawan, namun Jawa Timur berpotensi hujan sedang. Bali, NTB, NTT secara umum cerah berawan, namun NTT berpotensi hujan sedang.

Kalimantan secara umum hujan ringan, namun Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara berpotensi hujan sedang.

Sulawesi secara umum hujan ringan, namun Sulawesi Tenggara, Sulawesi Tengah, Gorontalo, Sulawesi Utara berpotensi hujan sedang. Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan berpotensi hujan lebat.

Iklan

Maluku dan Papua secara umum hujan ringan, namun Maluku, Maluku Utara, Papua Barat berpotensi hujan sedang, Papua berpotensi hujan lebat

Intrusi udara kering dari bagian bumi selatan melintasi wilayah Laut Timor nan bisa mengangkat uap air basah di depan pemisah intrusi menjadi lebih hangat dan lembab di wilayah Laut Banda, Maluku dan Papua.

Suhu udara umumnya berkisar 17 hingga 35 derajat Celsius dengan kelembaban udara berkisar 55 hingga 100 persen.

Untuk prakiraan tinggi gelombang laut di wilayah Indonesia secara umum berkisar 0,5-a 2,5 meter. Waspadai gelombang tinggi 2,5-4 meter di Samudra Hindia Barat Lampung dan Samudra Hindia Selatan Jawa hingga NTB.

Waspadai juga potensi banjir rob pada besok hari di pesisir Sumatera Barat, pesisir Banten dan pesisir Sulawesi Tenggara.

Pilihan Editor: Begini Jatam Kecam Izin Tambang dari Jokowi untuk Ormas Keagamaan: Tamak, Licik, dan Balas Jasa

More
Source