Cina Ucapkan Selamat pada Narendra Modi atas Kemenangan Pemilu

Trending 1 week ago

TEMPO.CO, Jakarta - Cina mengucapkan selamat kepada Perdana Menteri India Narendra Modi pada Rabu, 5 Juni 2024 setelah kemenangannya dalam pemilu, sekaligus menyampaikan keinginannya untuk menjalin hubungan nan “stabil” dengan India.

“Hubungan Cina-India nan sehat dan stabil melayani kepentingan berbareng kedua belah pihak dan kondusif bagi perdamaian dan pembangunan di area ini dan bumi pada umumnya,” kata ahli bicara Kementerian Luar Negeri Cina Mao Ning kepada wartawan di Beijing, Cina.

Modi pada Selasa malam, 4 Juni 2024, menyatakan kemenangan koalisi konservatif Aliansi Demokratik Nasional (NDA) nan berkuasa di pemerintah dalam pemilu nan terbagi menjadi tujuh tahap. Namun, meski telah mendominasi politik India sejak berkuasa pada 2014, untuk pertama kalinya Modi memerlukan support sekutu regional setelah partainya kandas memperoleh bunyi mayoritas.

NDA memenangkan 293 bangku di majelis rendah parlemen India nan beranggotakan 543 orang. Jumlah tersebut lebih banyak dari nomor 272 bangku nan dibutuhkan untuk membentuk sebuah pemerintahan. Sementara itu, Partai Bharatiya Janata (BJP) nan dipimpin Modi kekurangan suara.

Berdasarkan hasil resmi, BJP nan berkuasa memenangkan 240 bangku di majelis rendah parlemen. Sedangkan oposisi utama Kongres Nasional India memperoleh 99 kursi.

Iklan

Cina mengatakan pihaknya siap melakukan kerja sama dengan India. Jubir Mao berkata, “Cina siap bekerja sama dengan India untuk mewujudkan kepentingan mendasar kedua negara dan kedua bangsa, mempertimbangkan situasi keseluruhan dan masa depan, serta mengarahkan pengembangan hubungan bilateral di trek nan sehat dan stabil.”

India dan Cina telah beberapa kali berantem di wilayah Garis Kontrol Aktual, garis perbatasan kedua negara nan memisahkan wilayah kuasa India dengan wilayah nan dikuasai Cina di jejak kerajaan Jammu dan Kashmir. Kedua negara saling menuduh satu sama lain mencoba merebut wilayah tersebut.

ANADOLU

More
Source